PENERAPAN PROTOKOLER PENCEGAHAN COVID 19 PASCA PKL LAUT BAGI TARUNA SMK NEGERI 1 PANGANDARAN

Para Taruna Melaksanakan PKL laut berlayar di Kapal ikan Lokal Indonesia berlayar di sekitar laut Jawa, Sulawesi dan Kalimantan. Mereka berangkat dari Pelabuhan Muara baru Jakarta,  Pelabuhan Tegal,  dan Juwana Pati, Kami tidak terlalu khawatir pada saat mereka di laut terkait Wabah Virus Covid 19 ini karena mereka berada di kapal ikan BUKAN kapal penumpang,  kapal ikan jarang berlabuh dipelabuhan dan crew kapalnya juga itu itu saja dengan jumlah personil yang sama. 

Justru kami khawatir pada saat mereka mulai pada berlabuh kembali ke pelabuhan,  maka pada saat bersandarlah kami mulai menerapkan PROTOKOLER PENCEGAHAN COVID 19 dengan cara komunikasi dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan terkait penanggulangan dan Perhatian khusus pada anak PKL yang sudah sandar dengan cara menerapkan Protokoler Pencegahan Covid 19 yaitu Perusahaan memberikan pengarahan langsung terkait Covid-19 ke pada anak PKL, sehubungan dengan penularan dan pencegahannya, diberi masker dan cairan pencuci tangan (handsanitizer) pada peserta PKL. 

Kegiatan di pelabuhan berkisar 3-4 hari. Mereka melaksanakan bongkar hasil tangkapan dengan menerapkan Protokoler pencegahan Covid-19 dan kami pun memberikan pengawalan dengan memberikan pengarahan terkait transportasi kepulangan mereka yang aman dari penyebaran wabah ini yaitu menggunakan travel yang disesuaikan dengan jumlah kapasitas sesuai aturan protokoler. Kami memberikan araha via Chat WhatsApp untuk selalu membantau anak dan memberikan pengarahan pada orang tua supaya persiapan di rumah tempat isolasi sementara,  dan kami pun terus mengingatkan pada anak selama dalam perjalanan untuk memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan sering mencuci tangan atau memakai handsanitizer.

Sesampainya di rumah, pihak orang tua dan anak diberikan pengarahan supaya menhindari berjabatan tangan,  berpelukan,  dan aktivitas lainnya yang sifatnya bersentuhan langsung.  Pakaian anak PKL dihimbau untuk  dipisahkan dan direndam dengan air hangat, mandi bersih bersih badan, lapor kepada Ketua RT/ RW setempat dan dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh TIm Medis di masing-masing tempat tinggal peserta PKL. Selanjutnya, Masing-masing peserta PKL melaksanakan ISOLASI selama 14 hari ditempat yang sudah disediakan oleh masing masing keluarganya.

Itulah Perjalanan Penerapan Pelaksanaan Protokoler Pencegahan Penularan Covid-19 Pasca PKL Laut Taruna SMK Negeri 1 Pangandaran. Semoga segala macam upaya dan tindakan yang kita lakukan oleh semuanya menumbuhkan HASIL BAIK yaitu MENGUSIR WABAH VIRUS COVID 19 SIRNA DARI MUKA BUMI INI. Sehat selalu untuk semuanya semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan kesahatan untuk kitas semuanya,  Aamiin.

Sumber : Tatang S. Hendraswara, S.Pd
(Dengan sedikit perbaikan)
Berita Terbaru